Kisruhnya Babak Kualifikasi Piala Dunia Zona Afrika

Caf - BursaPialaDunia.comBursa PIala Dunia – Proses kualifikasi Afrika untuk Piala Dunia 2014 mengalami beberapa masalah besar yang bisa menyebabkan kekacauan. Dengan hanya satu pertandingan tersisa untuk setiap tim di putaran kedua dari kualifikasi, lima dari sepuluh grup sudah diketahui hasilnya diapa saja yang berhak lolos.

Kekacauan ini di duga karena dugaan FIFA bahwa penyelenggaraan kualifikasi tidak berjalan sebagaimana mestinya. Dan yang menjadi masalah adalah ada tiga Negara yang di duga menggunakan pemain yang tidak sah.

Kedua negara sedang diselidiki oleh FIFA adalah Ethiopia dan Tunisia, sementara negara ketiga yang akan diselidiki adalah Togo.

Di Grup A, Ethiopia tampaknya meraih juara grup dengan kemenangan atas Afrika Selatan dan menghilangkan Bafana Bafana dari kualifikasi kurang dari tiga tahun dari mereka menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Yang menjadi kontroversi adalah pemain Ethiopia Minyahile Beyene telah mendapat kartu saat bermain imbang dengan Afrika Selatan dan kemenangan kandang atas Botswana, dan saat Ethiopia meraih kemenangan atas Botswana dan Afrika Selatan seharusnya Beyene masih menjalani hukuman tidak boleh bertanding.Federasi Sepakbola Ethiopia mengakui melakukan kesalahan dan mengatakan bahwa mereka akan menerima tindakan indisipliner yang diberikan kepada mereka.

FIFA telah menetapkan preseden dalam proses kualifikasi untuk hal-hal seperti itu, dengan membalikkan hasil tiga pertandingan menjadi 3-0 kekalahan untuk tim yang menggunakan pemain yang  tidak memenuhi syarat.

Bahkan, kemenangan Sudan 2-0 atas Zambia terbalik dengan kemenangan 3-0 untuk Zambia karena Sudan melakukan kesalahan yang sama dengan Ethiopia. Bursa PIala Dunia

Jika kemenangan 2-1 Ethiopia atas Botswana dibatalkan maka mereka hanya unggul dua poin atas afrika Selatan. Selanjutnya, jika kedua hasil imbang dan kemenangan 2-1 atas Afrika Selatan dibalikkan, maka Bafana Bafana akan menjadi  juara grup tanpa memainkan pertandingan.

Sementara itu, di Grup B, Tunisia tampaknya akan masuk ke babak playoff dengan hasil imbang pada hari Minggu. Namun, kemenangan mereka terganggu dengan sebuah pertandingan yang tidak melibatkan mereka. Cape Verde Islands telah mengajukan banding tentang kekalahan 4-3 mereka derita dari Guinea Ekuatorial, mereka mengklaim bahwa lawan mereka telah menerjunkan pemain tidak memenuhi syarat.

Jika hasilnya terbalik, selisih antara Tunisia dan Cape Verde hanya dua poin, yang berarti lolosnya mereka ke babak play off akan ditentukan dalam pertandingan terkahir yang mempertemukan keduanya.

Dan terakhir  tim Togo sedang diselidiki karena telah diduga memainkan pemain yang tidak memenuhi syarat dalam kemenangan 2-0 atas Kamerun. Jika hasilnya terbalik, Kamerun akan naik dari dua poin di belakang Libya menjadi juara grup. Dan  karena itu, keputusan final akan di tentukan oleh tim dari FIFA.

Meskipun tentu salah bagi Negara yang memainkan pemain yang tidak memenuhi syarat, sulit untuk membayangkan kehilangan tempat di turnamen paling bergengsi di dunia hanya oleh kesalahan administrasi.

Mengingat ini sangat menentukan siapa yang akan pergi ke play off masalah ini bisa menjadi sesuatu yang runyam. Bursa PIala Dunia