Italia Harus Puas Dengan Gelar Pelipur Lara

Italia Harus Puas Dengan Gelar Pelipur Lara

Bursa Piala Dunia – Setelah mengandaskan perlawanan Uruguay, Italia berhasil meraih gelar pelipur lara dengan skor 5-4. Lagi-lagi melalui drama adu penalti untuk memperebutankan tempat ketiga Piala Konfederasi 2013. Italia mencetak gol lebih dahulu dari kaki Davide Astori pada menit ke 24 dan dari kaki Alessandro Diamanti pada menit ke 73. Disisi lain Uruguay menciptakan gol melalui kaki Edinson Cavani sebanyak dua kali yaitu pada menit ke 58 dan 78.

Dalam drama adu penalti kali ini, keberuntungan lebih berpihak pada Italia. Sesudah bermain dengan imbang 2-2 hingga berakhirnya extra time, para algojo Italia berhasil menyelesaikan pekerjaan mereka dengan baik dan memberikan kemenangan bagi Azzuri. Hanya Mattia De Sciglio yang tidak berhasil menyarangkan bola ke gawang lawan.

Dari kubu Uruguay, sang algojo yaitu Martin Caceres Diego Forlan dan Walter Gargano gagal menjebol gawang Gianluigi Buffon. Kemenangan ini menjadikan Italia mampu membalas kekalahan mereka atas Uruguay pada 2011 silam. Pada saat itu Italia kalah dengan skor 0-1.

Sepanjang paruh pertama, pertandingan berjalan relatif lamban. Walaupun begitu, kedua tim berhasil menciptakan beberapa peluang bagus. Italia, melalui Stephan El Shaarawy serta Antonio Candreva tampil sangat baik. Baik Shaarawy maupun Candreva berhasil memberikan permainan yang berwarna bagi Azzurri dan beberapa kali terlihat membuat repot pertahanan Uruguay – Bursa Piala Dunia

Di pihak La Celeste, tiga ujung tombak mereka tidak mampu menunjukkan kemampuannya. Tapi Luis Suarez berhasil mendapat satu peluang emas walaupun masih bisa diselamatkan kiper Italia yaitu Buffon. Hingga berakhirnya babak pertama tim asuhan Cesare Prandelli unggul dengan satu gol.

Pada babak kedua tempo permainan kedua tim semakin meninggi. Baik Italia maupun Uruguay saling jual beli serangan untuk memperoleh kemenangan. Uruguay terlihat berubah dimana mereka lebih berani bermain terbuka pada babak kedua ini. Hingga hasilnya Cavani berhasil membobol gawang Buffon hingga dua kali. Disisi lain gol dari free kick Diamanti tidak bisa menutup kemenangan untuk Azzuri. Akhirnya untuk kedua kalinya di ajang Piala Konfederasi 2013 ini, Italia harus kembali melanjutkan permainan di babak extra time.

Di babak extra time, Italia harus menggantungkan nasib mereka karena harus bermain sepuluh orang. Pada menit ke 110, Ricardo Montolivo diusir wasit dan harus pergi meninggalkan lapangan karena pelanggaran yang dilakukan. Hanya bermain dengan 10 orang membuat Uruguay berhasil melakukan serangan ke pertahanan Italia.

Buffon menjadi sebuah keberuntungan bagi Italia karena mampu tampil dengan cemerlang menjaga gawangnya. Cavani dan Suarez berkali kali memberikan ancaman ke gawang Italia. Hingga di menit-menit akhir Uruguay hampir saja mengalahkan Azzuri. Namun sepertinya dewi fortuna masih belum memihak La Celeste dan pertandingan harus diakhiri dengan adu penalti yang menjadikan Italia sebagai pemenang – Bursa Piala Dunia