Felix Magath Gantikan Meulensteen Sebagai Manajer Fulham

Rene Meulensteen telah kehilangan jabatannya sebagai manajer Fulham dan mantan pelatih Bayern Muenchen Felix Magathd iangkat sebagai penggantinya.

Pria asal Belanda yang meneruskan pekerjaan Martin Jol di bulan Desember mengatakan pada BBC Sport bahwa dirinya dipecat tapi masih bertahan hingga sisa kontraknya di Fulham.

Meulensteen yang hanya memenangi empat pertandingan selama menangani tim dalam 17 pertandingan mengatakan pada BBC Sport : “Mereka memilih untuk menekan tombol panik, dengan emosi dan ketakutan – tapi mereka memang bisa melakukannya karena inilah sepakbola.”

Dia tak disebutkan dalam pernyataan resmi klub yang mengumumkan kedatangan Magath.

Pemilik Fulham Shahid Khan mengatakan : “Dengan 12 pertandingan sisa, kami tentu saja tak menginginkan hasil kekalahan lebih lama lagi. Kami harus beraksi dengan cepat.”

Magath yang berusia 60 tahun direkrut oleh Fulham dalam kontrak berdurasi 18 bulan, dan harus menangani tim yang sedang berada didasar klasemen Premier League. Dia memenangi Bundesliga sebanyak tiga kali sebagai manajer, dan yang paling dikenal oleh media adalah saat dia memenangi Bundesliga bersama Wolfsbrug, tahun 2009. Magath juga menjadi orang Jerman pertama yang menjadi manajer di Premier League.

Dalam pernyataan yang dilansir oleh facebook resminya, dia mengatakan : “Fulham adalah klub yang luar biasa, memiliki tradisi, dan pemiliknya Shahid Khan telah meyainkan saya dan memberikan saya tanggung jawab manajerial.”

“Saya akan mengucapkan terima kasih pada klub dan pemilik untuk kepercayaan mereka.”

Meulensteen pernah mengabdi di Old Trafford selama 12 tahun dibawah arahan manajer Sir Alex Ferguson yang pensiun akhir musim lalu, dan dia pernah menangani klub Rusia Anzhi Makachkhala selama 16 hari di bulan Agustus.

Dia membawa Fulham berhasil meraih imbang2-2 di Old Trafford pekan lalu tapi the Ccottagers harus mengalami kekalahan karena gol penalti Steven Gerrard di menit akhir pada pertandingan premier league tengah pekan.

Berbicara pada BBC Radio 5, Meulensteen mengatakan : “Saya tahu pemilik klub sangat takut dan mereka juga memikirkan kemungkinan bahwa Fulham akan terrelegasi.”

“Padahal kami pernah berdiskusi bersama dengan pemilik klub, dan dia setuju bahwa apa yang terjadi di klub ini adalah tentang jangka panjang, dan dalam pemecatan saya, jelas sekali tindakan ini berdasarkan ketakutan.”

“Saya tak memiliki waktu sebanyak yang dimiliki mereka yang hadir di Manchester United dan Liverpool, andaikan mereka berada di posisi saya ..”

“Saya tak menghiraukan lagi apa yang ada dalam pernyataan mereka, jujur saja.”

Meulensteen memenangi tiga pertandingan Premier League dan satu kemenangan di Piala FA saat menjadi manajer the cottagers, dia kalah 10 kali. Di hari terakhir bursa transfer dia mendatangkan lima pemain, termasuk pemain internasional Yunani, Konstantinos Mitroglu dari Olympiakos dengan biaya 11 juta pounds dan gelandang Tottenham Lewis Holtby dengan status pinjaman.

Sementara Magath telah menganggur sejak meninggalkan Wolfsbuurg ditahun 2012, tapi dia pernah memenangi gelar ganda dua kali bersama Bayern, menambahkan titel Bundesliga ketiga bersama Wolfsburg di tahun 2009.

Tim Wolfsburg yang saat itu juara diperkuat striker Manchester City saat ini Edin Deko dan pemain Fulham saat ini Ashkan Dejagah dan Sascha Riether.