Bursa Piala Dunia Zakaria Bakkali Masih Bimbang

Bursa Piala Dunia Zakaria Bakkali Masih Bimbang – Salah satu pemain muda bertalenta Zakaria Bakkali belum menentukan keputusan mengenai masa depannya untuk membela Belgia atau Maroko. Sebelumnya Bakkali sudah dicantumkan oleh tim nasional Belgia untuk berlaga di babak kualifikasi Piala Dunia 2014 pada bulan ini.

Meski demikian pemain berusia 17 tahun itu tidak ingin tergesa-gesa dalam menetapkan sebuah kewarganegaraan yang sah dan meski ia sudah dipersiapkan untuk menghadapi Kroasia dan Skotlandia, namun Bakkali mengatakan belum menetapkan sebuah keputusan.

“Ada banyak orang seharusnya berbicara mewakili saya, tetapi saya belum mengambil keputusan. Ini merupakan salah satu keputusan yang sangat sulit,” lanjut pemain yang beroperasi sebagai penyerang, yang memiliki kedua orangtua imigran asal Maroko.

Nama Bakkali sudah dua kali memperkuat tim nasional Belgia sebelumnya, namun sejauh ini belum mengawali debut perdana. Jika ia bermain dalam satu pertandingan di babak kualifikasi, maka sudah pasti ia berkomitmen untuk Belgia di kompetisi internasional.

Walaupun ia bingung untuk memilih diantara kedua negara tersebut, namun Maroko sepertinya tidak tertarik untuk mencantumkan namanya, setelah dalam ajang persahabatan melawan Afrika Selatan di Agadir, namanya tidak berada di dalam skuad.

Kendati demikian Maroko memiliki catatan sejarah bahwa mereka mengejar bakat-bakat dari Afrika Diaspora utara di Eropa, guna memperkuat tim nasional mereka.

Mereka berhasil membujuk pemain kelahiran Belgia Mehdi Carcela untuk bermain di tim nasional Maroko, bahkan setelah Carcela menorehkan dua catatan di ajang internasional dalam pertandingan persahabatan untuk tim nasional Belgia.

Sementara itu Nacer Chadli, salah satu pemain anyar andalan Tottenham Hotspur di musim 2013/14, baru satu kali dipanggil bertugas memperkuat tim nasional Maroko di ajang persahabatan saat menghadapi Irlandia Utara pada 2010, sementara ia juga bergumul dengan pilihan diantara kedua negara sebelum pada akhirnya memilih Belgia.

Sejumlah pesepakbola imigran asal Afrika sebagian besar kini mulai merambah Eropa, karena mereka ingin mencari kehidupan yang lebih baik ketimbang bertahan di negara asalnya. Bahkan selain Belanda, tim nasional Prancis pernah dihuni oleh rata-rata pemain berasal dari Afrika.

Salah satu pemain yang berasal dari benua Afrika dan telah lama memilih berkiprah di pentas Liga Premier adalah Marouane Fellaini. Pemain yang didatangkan Manchester United dari Everton mengaku lebih memilih berkiprah untuk tim nasional Belgia ketimbang balik memperkuat negara leluhurnya.

Sementara Bakkali juga dkenal sebagai salah satu pemain berbakat di kompetisi Eredivisie, bahkan ia pernah diminati oleh sejumlah klub raksasa di Eropa, khususnya Liga Premier.

Kendati demikian pemain yang masih berusia 17 tahun itu tidak ingin tergesa-gesa dalam memutuskan masa depannya, setelah ia kini ingin menimba ilmu lebih banyak lagi bersama klub PSV Eindhoven.

Bakkali mengatakan bahwa klub Liga Premier Manchester City sempat tertarik untuk mendapatkannya ketika tim pemandu bakat mereka tengah menyaksikan penampilannya, namun dukungan dari sang ayah membuatnya memilih untuk bertahan terlebih dulu.