Bursa Piala Dunia Tottenham Mencoba Dobrak Dominasi Derby London Utara

Tottenham Mencoba Dobrak Dominasi Derby London Utara Bursa Piala Dunia – Dalam beberapa musim terakhir ini, Arsenal ternyata tidak sendiri lagi tampil dominan di kancah domestik ataupun Eropa yang mewakili tim kuat dari London Utara. Tottenham Hotspur kini bisa mengimbangi Arsenal sebagai sesama tim sepak bola yang bermarkas di London Utara dan  tidak lagi jadi tim yang dicap sebagai kelas dua dan mungkin saat ini, Spurs menjadi tim yang lebih sering dipuji prestasinya dibandingkan dengan Arsenal.

Alasannya adalah prestasi kedua tim yang bertolak belakang. Saat The Arsenal mengalami kebuntuan meraih gelar delapan musim terakhir, Spurs justru menjadi kekuatan baru di Liga Inggris. Julukan The Big Four kini harus di revisi menjadi The Big Six karena  Tottenham bersama Manchester City menambah jumlah klub elite Premier League.Berbeda dengan City yang mengandalkan kekuatan uang untuk membangun tim menjadi raksasa di Liga Inggris, Tottenham yang berjuluk The Lilywhites membangun kekuatannya dari dasar, ditambah kejelian mereka mereekrut pemain berharga murah dan merubahnya menjadi pemain hebat. Ditunjang neraca keuangan yang stabil, musim ini Tottenham menggeliat di bursa transfer dengan telah menghabiskan hamper 70 juta pound untuk mendatangkan pemain baru. Erik Lamela didatangkan dari AS Roma untuk menggantikan Gareth Bale yang kian hari semakin dekat dengan Real Madrid.

“Ambisi kami adalah menjadi tim yang lebih kuat dari yang sebelumnya. Kalau kami merekrut target tertentu yang memang sedang kami cari, kami dapat menjadi tim yang lebih kuat. Kami ingin memiliki skuad dengan kekuatan yang sama di setiap sektor,” tutur Villas-Boas, pelatih Spurs.

Sementara di pihak Arsenal sampai sejauh ini belum ada pemain baru berstatus bintang dengan harga mahal yang didatangkan. Hanya ada nama Yaya Sanogo dan Matheu Flamini yang direkrut, itupun tanpa harus merogoh kocek karne keduanya berstatus free transfer ketika disodori kontrak. Tapi salah satu pilar Arsenal, Theo Walcott menolak pernyataan kalau saat ini Tottenham lebih kuat dari Arsenal. Walcott mengatakan timnya dalam kondisi yang kuat dan beberapa hasil laga di awal musim baik di ajang domestic maupun Eropa sudah membuktikan Arsenal mampu bangkit dari hasil buruk dan membuktikan kepada banyak pihak yang keliru menilai kekuatan yang dimiliki Arsenal.

Walcott juga sedikit menyindir Tottenham yang membeli Erik Lamela dengan banderol mencapai 30 juta. Dia tidak peduli jika Tottenham membeli pemain seharga 30 juta pounds, itu tidak akan merubah fakta Arsenal masih lebih baik dari rival sekotanya tersebut Bursa Piala Dunia

Arsenal sebenanrnya sedang digerogoti kekuatannya oleh badai cedera karena tercatat delapan pemain pilar mereka yang dibebat cedera yaitu Podolski, Abou Diaby, Thomas Vermaelen, Mikel Arteta, Alex Oxlade-Chamberlain, Jack Wilshere dan Aaron Ramsey

Di kubu Spurs, Villas-Boas dipastikan tidak perlu merasakan apa yangdirasakan Wenger karena kehilangan banyak pemain penting. Pelatih termuda yang melatih di Premier League itu hanya
bakal kehilangan Aaron Lennon yang mendapat cedera engkel. Yang lainnya siap untuk bertempur melawan Arsenal di laga derby tanggal 1 September mendatang Bursa Piala Dunia.