Bursa Piala Dunia Timnas U-19 Menuju ke Pentas Tertinggi Dunia

Bursa Piala Dunia Timnas U-19 Menuju ke Pentas Tertinggi Dunia

Bursa Piala Dunia Timnas U-19 Menuju ke Pentas Tertinggi Dunia – Timnas Indonesia U-19 telah menjejakan satu langkah pasti menuju ke pentas tertinggi di dunia sepakbola yaitu Piala Dunia. Meraih memenangan dengan skor 3-2 dari Korea Selatan di pertandingan terakhir kualifikasi Piala Asia 2014 membawa skuad Garuda Jaya berhasil ke putaran final di Myanmar dengan meraih predikat juara Grup G. Berlaga di ajang Piala Dunia mungkin masih begitu tinggi untuk Indonesia.

Bermodal tekad, dan keyakinan, usaha serta doa, maka hal itu bukan hal yang mustahil untuk diraih. Dengan bermain di Piala Asia yang berlangsung tahun depan, maka Timnas U-19 memiliki peluang berlaga di Piala Dunia U-20 tahun 2015. Syaratnya, Timnas U-19 wajib berada di posisi 4 besar pada turnamen yang berlangsung di Myanmar tersebut.

Indra Sjafri yang merupakan pelatih melihat hal tersebut sebagai tantangan yang besar. Namun, melihat hasil melawan Korea Selatan yang merupakan juara bertahan di Asia, Indra pun yakin bisa mewujudkan harapan tersebut. Menurut Indra Sjafri mereka harus merubah pola pikir dengan tidak menganggap bahwa permainan lawan lebih bagus. Ditegaskan oleh sang pelatih bahwa ini bukanlah kesombongan, namun rasa percaya diri.

Sebelumnya Indonesia juga pernah mengukir sejarah di Piala Asia. Mungkin tidak banyak yang mengetahui jika Indonesia pernah berjaya di ajang Piala Asia U-19. Sebuah gelar juara serta dua status runner up pernah diraih oleh pemuda Indonesia. Salah satu legenda sepakbola Indonesia yaitu Bob Hippy, merupakan salah satu pemain yang ikut membawa Garuda Muda meraih sukses pada tahun 1961. Saat itu, ajang Piala Asia U-19 berlangsung di Thailand.

Euforia berhasilnya Indonesia mengalahkan Korsel dan menuju ke putaran final Piala Asia 2014 masih dirasakan. Namun, hal itu diharapkan tidak membuat larut. Sebuah misi yang lebih berat serta target besar telah dicanangkan.

Sebagai pelatih, Indra Sjafri sangat memahami hal itu. Untuk itu, kini dia akan langsung membuat langkah untuk membuat Garuda Jaya menjadi semakin kuat. Sama dengan yang pernah dia lakukan sebelumnya, Indra dengan dukungan Badan Tim Nasional PSSI akan melakukan penjaringan bakat-bakat lain untuk bergabung bersama Timnas U-19.

Indra oun menjelaskan jika sistem promosi degradasi para pemain di skuad Timnas U-19 akan tetap diberlakukan dalam pemusatan latihan yang akan datang. Hal itu berarti, tidak ada jaminan untuk siapapun, begitu juga oleh pemain kunci seperti Evan Dimas. Performa yang apik di fase kualifikasi, dan sejarah yang bagus di pentas Piala Asia U-19 serta persiapan matang yang sedang disusun oleh tim pelatih, merupakan modal berharga milik Garuda Jaya. Seperti yang dikatakan oleh kapten tim Evan Dimas yaitu hanya Tuhan yang tidak bisa dikalahkan. Pemuda-pemuda harapan bangsa tersebut tetap memiliki peluang untuk meraih mimpinya menuju ajang tertinggi dunia Bursa Piala Dunia Timnas.