Bursa Piala Dunia Cerita Dibalik Kegagalan Prancis

Bursa Piala Dunia Cerita Dibalik Kegagalan Prancis

Bursa Piala Dunia Cerita Dibalik Kegagalan Prancis – Prancis akhirnya berhasil mengalahkan Ukraina dengan skor 3-0 setelah sebelumnya dikalahkan dengan skor 2-0 dalam laga lanjutan babak Play off Piala Dunia 2014 Brazil nanti. Dengan hasil ini tentu saja membuat Prancis bisa melupakan kenangan buruk yang pernah terjadi kepada Prancis yang juga gagal ke Piala Dunia tahun 1950, 1962 dan juga 1994. Cerita apa saja yang pernah terjadi kepada Prancis ?

–          Piala Dunia Brazil 1950

Kenangan Piala Dunia tahun 1949, The Blues Prancis saat itu bersaing ketat dengan negara sepak bola Yugoslavia guna menembus ke Piala Dunia Brazil tahun 1950. Namun laga yang mempertemukan keduanya baik di Belgrade dan juga Colembes, belum ada yang memastikan apakah Prancis atau Yugoslavia yang lolos serta memastikan diri untuk terbang ke Brazil 1950. Akhinrya laga play off sendiri digelar pada tanggal 11 Desember 1949 yang digelar di Florence. Penonton yang mencapai angka 25 ribu tersebut, menyaksikan Yugoslavia berhasil meraih tiket ke Brazil melalui gol di babak perpanjangan waktu hingga menang dengan skor tipis 3-2.

–          Piala Dunia Chili 1962

Prancis dan Bulgaria harus saling bersua di babak Play off untuk menentukan siapa yang berhak meraih tiket dan juga lolos ke Piala Dunia di Chili pada tahun 1962. Laga tersebut di gelar di kandang AC Milan, San Siro. Dan dalam laga ini, Bulgaria dengan sukses mengalahkan Prancis dengan skor tipis 1-0. Andre Lerond dengan meyakinkan membuat  pasukan The Blues Prancis harus melupakan mimpi mereka untuk tampil di ajang Piala Dunia yang digelar di Chili pada tahun 1962 tersebut.

–          Piala Dunia Amerika Serikat 1994 – Bursa Piala Dunia

Pada perhelatan Piala Dunia 1994 atau tepatnya di babak kualifikasi tersebut, rakyat Prancis tentu tidak akan pernah bisa melupakan kegagalan tersebut. Pasalnya Prancis saat itu sudah resmi menjadi tuan rumah di PD 1998 nanti, otomatis mereka harus membuktikan diri dengan mengikuti PD 1994 di US. Apalagi Prancis mempunyai para pemain bintang semacam Eric Cantona, David Ginola, Marcel Desailly, dan juga Laurent Blanc Serta Emmanuel Petit. Sayangnya mereka harus mengikuti babak play off yang membuat mereka meraih kekalahan dari Israel dengan skor 2-3 di depan publik sendiri. Prancis kembali gagal setelah dikalahkan Bulgaria yang saat itu diperkuat Hristo Stoichkov.

Prancis sempat memimpin melalui gol yang dicetak oleh Eric Cantona. Namun berhasil di samakan oleh Kostadinov menjelang jeda turun minum. Prancis justru bermain buruk di depan pendukungnya sendiri sekitar 48.500 orang. Mimpi buruk bagi Prancis akhirnya terjadi ketika laga hendak usai. Kostadinov kembali menjebol gawang Prancis dan memaksa Tim Ayam Jantan gagal terbang ke Amerika Serikat pada tahun 1994.