Berita Piala Dunia 10 Alasan Mengapa SUGBK Harus Direnovasi

Berita Piala Dunia 10 Alasan Mengapa SUGBK Harus DirenovasiBerita Piala Dunia – Seperti yang kita ketahui, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dibangun pada tahun 1958 hingga tahun 1962 berdasarkan gagasan Presiden Soekarno untuk menyambut Asian Games ke IV. Alasannya yaitu agar Indonesia memiliki kebanggaan tersendiri memiliki salah satu stadion terbesar di dunia ketika itu. Tetapi dibawah ini adalah beberapa alasan saya pribadi mengapa sudah seharusnya SUGBK direnovasi dengan segera:

 1. Sudah Terlalu Tua

Semenjak awal berdiri hingga sekarang, SUGBK baru satu kali direnovasi, yakni ketika tahun 2007 untuk menyambut Piala Asia. Kapasitas stadion dikurangi menjadi “hanya” sekitar 88.000 penonton demi alasan keselamatan (walaupun ketika sedang full house, kapasitasnya pasti lebih dari itu). Demikian dapat dikatakan bahwa stadion yang sudah berdiri lebih dari 50 tahun ini belum pernah sekalipun direnovasi secara menyeluruh – Berita Piala Dunia.

2. Tempat Duduk Yang Sudah Usang

Saya pernah duduk hampir di semua kategori. Overall, hanya bangku VIP dan VVIP yang berbeda dengan kelas-kelas lain. Dan ketika si biru dan si kuning menggunakan bangku perorangan dari plastik, kategori lainnya terbuat dari kayu panjang. Untuk menyiasati peraturan berdasarkan regulasi standard stadion bertaraf Internasional, maka bangku tersebut diberilah sekat kecil untuk menjadikannya bangku perorangan. Dan terlebih lagi, luas antar bangku sangatlah sempit. Hal ini juga berlaku bagi kelas VIP dan VVIP loh!

3. Pintu Masuk Yang Terlalu Sempit

Saya sering bertanya-tanya. Mengapa dari sekian banyak pintu untuk masuk ke dalam, mengapa sering kali hanya satu pintu yang dibuka? Terlebih lagi, pintu tersebut terlalu sempit dan hanya muat untuk satu orang. Coba kalian bayangkan kalau mereka mau membuka beberapa pintu yang tersedia. Yang pasti kita akan nyaman dalam mengantri – Berita Piala Dunia.

4. Tidak Tersedianya Fasilitas Untuk Mengantri

Sehubungan dengan hal diatas, ada hal lain yang membuat saya tidak mau masuk stadion kalau sudah dekat waktu kick-off adalah karena saya malas harus ikut mengantri dalam antrian yang sangat panjang. Bahkan, terkadang tidak jelas antrian tersebut sebenarnya membuat berapa baris. Yang pada awalnya tiga atau empat baris, saat diujungnya akan mengerucut menjadi satu.

5. Keadaan Toilet Yang Mengenaskan

Sanitasi adalah salah satu tolak ukur sebarapa maju sebuah Negara. Maka dari itu, keadaan toilet SUGBK yang sekarang jelas harus diperbaiki. Kondisi yang kotor dan kerap terdapat genangan air, selain itu fasilitas di dalam toilet pun sudah banyak yang rusak – Berita Piala Dunia.

6. Minimnya Fasilitas Bagi Media

Ingat bagaimana suporter Arab Saudi ditimpuki oleh para penonton dan langsung mengungsi ke tempat media? Dari sini terlihat bahwa zona media yang seharusnya bersih dari penonton dapat dengan mudah dimasuki. Adapun hal ini juga berkali-kali terjadi ketika stadion kelebihan kapasitas (you know why).

7. Tolong Lampunya Dinyalakan

Berbicara tentang SUGBK, sudah sepantasnya kompleks Gelora Bung Karno juga patu mendapat perhatian. Maka oleh sebab itu, saya berharap agar lampu jalan dinyalakan ketika malam hari. Hampir tidak pernah saya melihat lampu jalan menyala pada malam hari – Berita Piala Dunia.

8. Perbesar Ring Road Stadion

Mengenai masalah antrian yang sudah dibahas diatas, sudah jelas tidak dapat terlepas dari kurang memadainya area yang ada. Ring road stadion yang hanya berlebar 20 meter itu seharusnya lebih diperbesar untuk memudahkan kita membentuk antrian yang lebih tertib dan teratur. Dan jangan lupa juga untuk tidak membiarkan mobil parkir di zona ini ketika hari pertandingan.

9. Kurangnya Fasilitas Di Dalam Stadion

Jangan kita buru-buru membayangkan akan ada mall di dalam SUGBK seperti yang ada pada Allianz Arena. Untuk sekedar menyediakan stand minuman atau makanan yang layak seperti Upton Park saja kita tidak punya – Berita Piala Dunia.

10. Tidak Jelasnya Jalur Untuk Bus Pemain

Sewajarnya jalur bus yang membawa pemain dibuatkan barikade agar penonton tidak bisa mendekatinya. Sedangkan di SUGBK, kita sangat mudah melihat bus melewati kerumunan penonton di ring road stadion. Untung saja bus yang membawa tim nasional Malaysia u23 tidak dibakar oleh penonton ketika Sea Games dua tahun lalu – Berita Piala Dunia

Ditulis oleh Bursa Piala Dunia Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://bursapialadunia.com/berita-piala-dunia-10-alasan-mengapa-sugbk-harus-direnovasi/ Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.